REFLEKSI DWI MINGGUAN
Pertama saat saya mendaftar sebagai guru penggerak saya cemas ,bagaimana caranya saya membagi waktu sedang saya masih banyak tugas dan tanggung jawab kedinasan yang ada dipundak saya .Namun setelah saya mengikuti program ini ternyata tertata dan semakin disiplin dalam membagi waktu artinya kapan saya harus mengerjakan tugas dari PGP dan kapan saya membagi waktu untuk Dinas utama saya sebagai seorang guru.Alhamdulillah sampai 2 minggu ini saya sangat menikmati setiap kegiatan yang dijadwalkan.Lalu saya membuat tips dan trik untuk menyikapi kegiatan Diklat PGP Yakni :
1. selalu mencoba sendiri terlebih dahulu
2. Mulai dengan hal yang kecil ,misal buka setiap pagi,sore dan malam LMS
3. Lakukan kegiatan membuka LMS setiap hari.
4. Jangan takut gagal mengerjakan setiap tugas
5. Selalu kolaborasi dengan teman di komunitas ,PP,dan fasilitaror
6. Mempraktikkan langsung (ketika mendapat pengetahuan baru selalu mempraktikkan dikelas )
7. Selalu membuat time line setiap hari ,ada progress yang dicapai.
Ini adalah reflesi saya teknis terkait Diklat PGP
Selanjutnya saya akan merefleksi modul 1.1
Pertama yang harus kita lakukan adalah Salam dan selamat ,karena mengandung makna bahwa filosofi mengenai pendidikan menurut KHD adalah harus selamat dan bahagia '' berarti selamat lahirnya dan bahagia jiwanya''.
1. Mengajar dengan sistem among yakni : Ing ngarsa sun tulodho,ing madya mangun karsa dan tutt wuri handayani.
2. mengetahui kodrat anak bahwa anak memang suka bermain namun permainanya anak anak adalah mengandung pendidikan bukan hanya seperti main main biasa.
3. Pendidikan berpihak pada murid yakni : anak anak adalah anak yang merdeka yakni merdeka batin untuk pendidikannya dan merdeka lahir untuk pengajarannya.
4. anak anak sudah mempunyai minat dan bakat .Disini peran pendidik adalah sebagai penuntun yakni mengarahkan potensi yang telah dianugrahkan tuhan YME ,untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.Dengan penebalan laku nya kearah yang baik untuk mencapai keselamatan.
5. Guru adalah sebagai tukang kebun yakni merawat tanaman supaya dapat menghasilkan buah yang baik dan melimpah begitu pula dengan anak anak agar kelak mereka dapat mandiri memenuhi segala kebutuhan hidupnya .
6. Menuntun/ mengarahkan para murid untuk mencapai kekuatan kodrat sebagai bekal keselamatan dan kebhagiaan anak didunia .
relevansi pendidikan KHD dengan kebutuhan kecakapan abad 21 :
- menuntun
- selamat dan bahagia
- kolaborasi
- kritis komunikatif
- kreatif
- inovatif
- student well being
Dari sekian pengalaman belajar yang sudah saya peroleh di modul 1.1 harapan Saya adalah :
1. Saya disiplin dalam setiap menjalankan dan membagi waktu
2. Membuat anak- anak didik saya merasa beruntung mempunyai guru seperti saya
3. Menuntun anak anak didik dengan lebih sabar dan telaten
4. Selalu mengikuti perkembangan ,selalu melakukan kebaruan (inovativ)
5. Membuat anak anak didik selalu merasa bahagia
6. Membuat anak didik agar selamat sampai kelak nanti disyurganya Tuhan YME.
Comments
Post a Comment